Energi  

Ini Alasan Kabel Listrik Dipasang Melengkung

Kabel Listrik

ENERGIA.ID – Kenapa kabel listrik dipasang melengkung? Pertanyaan seperti ini cukup meningkat di mesin pencarian Google selama sepakan terakhir.

Listrik merupakan sumber energi yang digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Energi listrik disalurkan ke setiap rumah melalui kabel listrik di masing-masing wilayah.

Jika diperhatikan, pemasangan kabel listrik biasanya di pasang agak melengkung. Sebagian orang beranggapan kabel listrik yang di pasang melengkung pada gardu listrik terlihat kurang rapi.

Selain itu, metode pemasangan kabel listrik dengan cara lebih ketat di anggap akan lebih hemat, karena tidak terlalu membutuhkan kabel yang terlalu panjang.

Lalu, mengapa kabel listrik dipasang melengkung atau kendur?

Metode pemasangan kabel listrik dengan cara tersebut memiliki alasan sendiri. Yaitu mencegah kabel putus akibat penyusutan di suhu yang rendah.

Melansir Electrical Technology, jika kabel dibuat rapat dan cuaca menjadi dingin, kabel listrik akan menyusut dan cenderung memendek.

Hal ini dapat menimbulkan tegangan lebih pada kabel listrik, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan putusnya kabel listrik.

Sebaliknya saat cuaca panas, kabel listrik yang merupakan konduktor cenderung bertambah panjang karena sifatnya yang memuai jika terkena panas.

Atas dasar alasan itulah, kabel listrik juga tidak dipasang secara tegang pada malam hari. Hal ini dikarenakan perkiraan suhu cenderung mengalami kekeliruan, sehingga meningkatkan risiko pada pemasangan kabel.

Pengaruh cuaca dan suhu internal kabel membuat kabel yang dipasang harus dilonggarkan sedikit, agar kabel tidak mudah putus sehingga menyebabkan terganggunya pasokan listrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.