Peluang Bisnis Sayuran Organik Selama Pandemi Covid-19

Bisnis Sayuran Organik
*

Bisnis Sayuran Organik

ENERGIA.ID – Selama pandemi Covid-19, peluang bisnis sayuran organik cukup banyak diminati masyarakat. Sayuran organik adalah sayur-sayuran yang di tanam tanpa menggunakan bahan kimia.

Hal ini membuat sayur yang di hasilkan lebih segar dan bebas dari pengawet. Sayuran organik biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari biasanya karena proses tanam organik lebih sulit. Untuk itu, bisnis ini cukup menggiurkan.

Selain itu, bisnis sayuran organik bisa dilakukan oleh siapa saja dengan proses menanam yang dilakukan di rumah. Jika kamu memiliki pekarangan rumah yang cukup luas, kamu bisa menjadikan pekarangan tersebut sebagai tempat menumbuhkan sayur-sayuran.

Bahkan, kalau kamu tidak memiliki lahan, kamu tetap bisa menanamnya dengan metode hidroponik. Jika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis sayuran organik, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

Belajar Menanam Sayuran Organik

Sebelum memulai bisnis sayuran organik, Anda haru berlajar cara menanam yang baik terlebih dahulu. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menanam sayuran organik. Penanaman secara langsung dan penyemaian.

Penyemaian biasanya dilakukan untuk tanaman yang berbuah, seperti tomat. Kamu akan menggunakan benih tumbuhan yang sudah berkecambah dan akan ditanam lagi sebagai bibit baru di tanah lain.

Proses penanaman langsung, benih tanaman bisa langsung ditanam ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 2-3 cm.

Hasil tanaman yang menggunakan metode penanaman langsung biasanya berupa sayuran daun, seperti sawi, selada, bayam, dan lain-lalin.

Persiapkan Lokasi Menanam Sayuran Organik

Salah satu kemudahan bisnis sayuran organik adalah penanaman yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan lahan untuk menanam terlebih dahulu.

Kamu bisa menanam pada taman kecil yang kamu miliki di rumah. Kalau kamu tidak punya lahan yang cukup, kamu bisa menggunakan metode hidroponik seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya.

Jika kamu menanam di pekarangan atau taman rumah, pastikan tanah yang digunakan adalah tanah yang subur.

Anda juga bisa menggunakan kotoran hewan yang sudah kering atau pupuk kompos untuk memaksimalkan kesuburan lahan untuk menanam.

Perawatan Sayuran Organik

Bibit sayuran organik yang sudah ditanam butuh perawatan ekstra. Sebab tantangan dari berbisnis ini adalah serangan hama ulat yang sewaktu-waktu bisa merusak tanaman.

Sayuran organik memang lebih rentan terhadap masalah tersebut, mengingat tidak adanya penggunaan obat kimia sama sekali.

Tapi, ada trik untuk melindungi tanaman yang sedang Anda panen. Buatlah obat anti hama dari beberapa bahan alami seperti jahe dan cabe yang dihaluskan. Setelah itu semprotkan pada seluruh bakal sayuran organik Anda tadi.

Panen Sayuran Organik Seminggu Dua Kali

Kiat sukses berbisnis sayuran organik selanjutnya, lakukan panen seminggu dua kali atau lebih. Pun, tergantung seberapa lama sayuran tersebut bisa tumbuh.

Biasanya tanaman yang cepat dipanen atau memiliki umur yang singkat adalah sayuran hijau atau sayuran berdaun.

Sehingga, Anda bisa memanen sayuran tersebut berkali-kali dalam waktu yang berdekatan. Bila ingin keuntungan lebih, Anda bisa menanam sayuran yang tergolong ekonomis misalnya selada, daun basil, atau bayam merah.

Pemasaran Sayuran Organik

Pemasaran merupakan langkah penting untuk mempromosikan bisnismu supaya bisa di kenal oleh banyak orang.

Terlebih lagi, saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kamu harus bisa memasarkan produk yang kamu jual sampai ke orang-orang yang setiap harinya berada di rumah.

Mendistribusikan sayuran organik ke pasar tradisional mungkin akan sulit. Karena, harga sayur organik cenderung lebih mahal dibandingkan dengan sayur-sayuran lain yang dijual di pasar tradisional.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengalihkan sarana berbisnis ke pasar digital seperti e-commerce atau berjualan di media sosial.

Apabila di rasa masih kurang memuaskan, daftarkan diri kamu ke dalam salah satu vendor petani di aplikasi sayur online untuk lebih mendongkrak penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.