Mengenal Energi Hijau Berseta Sumbernya

Energi Hijau

ENERGIA.ID – Apakah Anda pernah mendengar istilah energi hijau? Beberapa waktu terakhir energi hijau atau ada juga yang menyebutnya sebagai energi terbarukan memang sedang menjadi sorotan banyak pihak.

Energi hijau bisa diartikan sebagai energi yang asalnya dari tanaman hidup di sekitar kita. Jenis energi ini juga biasa dikenal sebagai bahan bakar hayati.

Selain itu, para ahli juga memiliki definisi tersendiri tentang energi hijau. Berikut ulasan lengkap tentang energi hijau dari pengerian hingga contohnya.

Pengertian Energi Hijau

Dalam jurnal Directory Journal of Economic 2(3), dijelaskan bahwa energi hijau adalah energi bersih yang tidak mencemari atau menambah polutan di atmosfer.

Selain itu, definisi energi hijau menurut para ahli juga tercatat dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan 5(4), yang menyatakan bahwa energi hijau adalah energi yang efisien.

Hal tersebut dikarenakan energi ini diperoleh dari sumber yang ramah lingkungan dan relatif tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan.

Dalam jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa energi hijau menggunakan sumber energi alternatif atau terbarukan seperti sinar matahari, angin, air, panas bumi, dan bioenergi.

Dari definisi tersebut bisa disimpulkan bahwa energi hijau merupakan sumber energi yang berasal dari bahan-bahan yang relatif aman dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Apa saja Manfaat Energi Hijau?

Energi hijau memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan manusia. Apa saja manfaatnya? Berikut uraiannya.

Jumlahnya di alam berlimpah dan tidak akan habis.

Dapat dimanfaatkan secara gratis karena sudah tersedia di alam.

Perawatan relatif mudah jika dibandingkan dengan energi yang tidak terbarukan.

Menjadikan mandiri energi. Artinya tidak bergantung pada negara lain.

Mendorong perekonomian dan berpeluang membuka lapangan kerja baru.

Bebas dari perubahan harga seperti energi fosil.

Relatif lebih mudah diterapkan di daerah terpencil karena setiap tempat memiliki sumber energi hijaunya masing-masing.

Energia.id merupakan situs berita terkini, berita hari ini, berita terbaru, berita energi, berita bisnis, ekonomi, finansial, investasi di Indonesia dan Internasional terkini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *