Energi  

Energi Matahari Paling Aman Bagi Lingkungan

Energi Matahari

Energia.id – Energi matahari adalah energi yang bisa ditemukan di hampir seluruh belahan bumi. Matahari menjadi sumber energi paling aman bagi lingkungan.

Selain melimpah, energi matahari juga tidak menghasilkan polusi dan mulai jadi tren sebagai energi alternatif. Panas dari matahari banyak digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Panas ditangkap dengan menggunakan panel surya untuk kemudian diubah menjadi listrik.

Seiring meningkatnya tren energi bersih, pembangkit listrik tenaga surya semakin banyak dibangun di berbagai negara.

Dikutip dari National Geographic, selain matahari, energi alternatif lainnya yang ramah lingkungan adalah angin dan geothermal atau panas bumi.

Sumber Energi Panas Matahari

Matahari adalah salah satu sumber energi yang bisa diperbarui yang bersifat gratis. Pasalnya, matahari akan selalu hadir menyinari bumi dari pagi hingga sore hari.

Selain merupakan sumber vitamin D, matahari sebenarnya bisa dijadikan energi alternatif untuk menggantikan energi konvensional yang berasa dari bahan bakar fosil.

Energi dari panas matahari sendiri bisa diubah menjadi listrik dengan menggunakan panel surya.

Salah satu rangkaian panel yang seringkali disebut sebagai cahaya listrik ini mampu menggerakan kendaraan listrik,

Bukan hanya kendaraan, bahkan panel ini pun bisa dimanfaatkan untuk menghidupi listrik untuk seisi rumah.

Meski bisa digunakan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan, bukan berarti energi ini tidak memiliki kelemahan. Faktor cuaca bisa menjadi penghambat produksi energi alternatif yang satu ini.

Manfaat Sumber Energi Matahari

Matahari membantu kehidupan makhluk hidup. Bagi manusia, matahari bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sebagai sumber listrik tenaga surya, dan membantu proses pertanian dan perkebunan.

Bagi tumbuhan, matahari bermanfaat untuk berfotosintesis sehingga dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Matahari merupakan salah satu sumber energi alami yang memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Apa saja manfaat energi matahari bagi makhluk hidup?

Tidak hanya manusia, hewan dan tanaman juga selalu membutuhkan energi dari matahari untuk bisa bertahan hidup.

Maka, dapat disimpulkan bahwa matahari memiliki peranan penting dalam keberlangsungan hidup seluruh penghuni di bumi ini.

Untuk itu, kalian pun perlu tahu beberapa manfaat energi matahari bagi makhluk hidup, baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Sumber Energi Matahari bagi manusia

1. Sumber Vitamin D

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari pagi sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber vitamin D. vitamin ini sangat dibutuhkan untuk perbaikan sel kulit serta mengatasi beberapa jenis penyakit kulit seperti eksim hingga sporias.

2. Sumber penerangan atau sumber cahaya

Di siang hari, kita tidak memerlukan lampu sebagai sumber penerangan. Hal ini tidak lain berkat adanya sinar yang dihasilkan oleh matahari di pagi hingga sore hari.

Bahkan, seiring berjalanannya waktu telah berkembang energi listrik alternatif dari cahaya matahari yang bisa kamu manfaatkan sewaktu-waktu.

Manfaat Energi Matahari bagi Hewan

1. Menghangatkan tubuh

Sebagian hewan hidup di alam liar dan tidak memiliki tempat berlindung, atau bahkan mencari kehangatan.

Nah, oleh karena itu manfaat energi matahari sangat dibutuhkan di sini. Salah satunya untuk memberi kehangatan bagi hewan-hewan berdarah dingin seperti amfibi dan reptil.

2. Melancarkan proses pencernaan makanan

Sama halnya dengan manusia, hewan juga memiliki sistem pencernaan yang harus selalu dijaga. Di mana salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berjemur, supaya proses pencernaan dapat berjalan lebih baik.

Manfaat Energi Matahari bagi Tumbuhan

1. Fotosintesis

Fotosintesis merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh tanaman jika ingin memiliki cadangan makanan. Di mana proses ini sangat membutuhkan sinar matahari untuk mengolah unsur hara menjadi cadangan makanan.

Nantinya, proses fotosintesis akan berlangsung di daun dan menghasilkan cadangan makanan untuk seluruh bagian tumbuhan. Di mana proses ini akan sangat terhambat tanpa adanya cahaya matahari.

2. Memproduksi oksigen

Salah satu peran penting tumbuhan adalah menghasilkan oksigen untuk makhluk hidup lain. Oksigen sendiri merupakan salah satu hasil dari proses fotosintesis.

Tumbuhan akan mengubah panas matahari menjadi glukosa dan menggunakannya dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan oksigen yang sangat kita butuhkan.

Itu beberapa bukti manfaat energi matahari bagi makhluk hidup di muka bumi ini. Adakah manfaat energi matahari lainnya yang belum disebutkan di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.