Harga Innova Listrik, Yuk Intip Kecanggihan Innova Listrik

Innova Listrik

ENERGIA.ID – Toyota Indonesia pamerkan Innova Listrik dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Lantas berapa harga Innova Listrik?

Belakangan ini para konsumen Toyota tertarik dengan mobil listrik. Atas ketertarikan itu, Toyota Indonesia mencoba memamerkan Innova Listrik di IIMS 2022.

Para konsumen Toyota Indonesia langsung terkesima dengan tampilan mentereng yang ada di Innova Listrik. Prototipe Kijang Innova listrik atau mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Prototipe Kijang Innova EV tersebut di pajang pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang berlangsung mulai 31 Maret hingga 10 April nanti.

Keberadaan Innova BEV inipun memicu pertanyaan terkait harga unit jika kelak produk tersebut di produksi massal di Indonesia.

Hingga saat ini, tidak banyak merk beredar dari segmen BEV. Tercatat hanya Hyundai Kona dan Ioniq, serta Nissan Leaf dan Lexus UX 300e.

Munculnya Kijang Innova EV pun menjadi terobosan dari prinsipal untuk menghadirkan produk elektrik murni dari segmen MPV. Sedangkan segmen MPV inilah yang merupakan pasar paling gemuk di Indonesia.

Terkait BEV, masing-masing produsen masih diberatkan dengan ongkos produksi baterai yang disebut-sebut mencapai sepertiga dari total biaya produksi.

Jika mengacu Permenperin No.6/2022 tentang Peta Jalan dan Spesifikasi Kendaraan Bermotor Listrik, manufaktur terhadap baterai yang merupakan bagian komponen utama memiliki perhitungan tersendiri.

Untuk manufaktur komponen pendukung dan komponen utama masing-masing memiliki bobot 10 dan 50 persen (pada 2024 dan seterusnya menjadi 58 persen).

Sementara komponen baterai yang masuk dalam klasifikasi komponen utama, bobot yang ditetapkan sebesar 30 persen ( hingga 2024) dan seterusnya 35 persen.

Sehingga jika merujuk peraturan tersebut, maka Innova BEV juga harus mengeluarkan ongkos produksi tambahan untuk memiliki teknologi baterai.

Hitungan kasar dari harga Innova dengan mesin ICE saat ini yang berkisar Rp 355 juta- Rp 480 juta, maka harga Innova EV bisa berkisar Rp 455 juta-Rp 580 juta.

Kehadiran Toyota Kijang Innova listrik ini semakin mendekatkan target pemerintah. Berdasarkan beleid yang sama, pemerintah menargetkan produksi mobil listrik pada 2025 sebanyak 400.000.

Kemudian pada 2030 bertambah menjadi 600.000 unit, dan pada 2035 sebesar 1 juta unit. Jika kalian penasaran dengan interior dari Toyota Kijang Innova Listrik, simak ulasan di bawah ini.

Kecanggihan Innova Listrik

Hari pertama pembukaan pameran IIMS 2022 diramaikan oleh kehadiran mobil baru dari Toyota, yakni Kijang Innova EV. Ini adalah mobil listrik lahiran Toyota.

Kode di belakang menunjukkan bahwa kendaraan itu berbasis electric vehicle atau mobil listrik. Kendaraan yang statusnya masih berupa konsep itu di bekali dengan motor listrik sebagai penggerak utamanya.

Model ini di pilih, karena di kenal sebagai mobil keluarga legendaris yang memiliki kandungan lokal tinggi. Kijang Innova juga memiliki sejarah yang cukup panjang.

Awalnya menjadi andalan angkutan pedesaan, lalu berkembang menjadi kendaraan serbaguna dan sukses menjadi mobil keluarga yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Meski belum memasuki tahap komersial, namun PT Toyota-Astra Motor mengatakan bahwa Kijang Innova EV Concept telah melalui tahap quality and safety assurance serta standar Kementerian Perhubungan.

Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama mobil istrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik.

Dari luar, perbedaan dengan Innova biasa tampak pada bagian grille yang sengaja di tutup demi meningkatkan aerodinamika.

Kemudian lubang pengisian bensin dimanfaatkan sebagai tempat soket pengisian daya listrik. Masuk ke bagian dalam, akan terlihat kecanggihan dari mobil ikonik tersebut.

Tuas transmisi konvensional digantikan dengan panel layar sentuh, yang umum dipasang di mobil listrik.

Sistem hiburannya menampilkan beragam informasi seputar status dari baterai dan motor penggerak, mulai dari kapasitas listrik yang masih tersedia hingga jarak tempuh tersisa.

“Tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi, dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat,” tuturnya.

>>Harga Innova Listrik<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.