Jagat Nusantara, Platform Berbasis Interaksi Sosial Dunia Virtual

Jagat Nusantara

ENERGIA.ID Jagat Nusantara merupakan platform berbasis interaksi sosial dunia virtual resmi Presiden Joko Widodo luncurkan kepada masyarakat Indonesia.

Acara peluncuran Jagat.io tersebut berlangsung di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta. Ini menandakan bahwa teknologi sosial di Indonesia terus meningkat.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahiim, pada sore hari ini secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara,” kata Presiden Joko Widodo, Jumat kemarin.

Presiden Lounching Jagat Nusantara

Presiden Jokowi menekan tombol launching aplikasi media sosial Jagat Nusantara, di dampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono.

Kemudian turut mendampingi Founding Chairman Jagat Nusantara Wisnutama Kusubandio.

Setelah tombol di tekan, layar yang berada di atas panggung lalu menampilkan video avatar Jokowi beraktivitas di metaverse IKN, mulai dari konser musik hingga berolahraga.

Manfaat Aplikasi Jagat

Mengutip dari YouTube Sekretariat Presiden RI, pengguna dapat memanfaatkan Jaga Nusantara untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng film, konser virtual, pertunjukan, memamerkan karya digital, dan interaksi lainnya secara imerfsif melalui web dan telepon genggam.

“Dengan teknologi kita dapat menghadirkan engagement atau kegiatan kota nyata di masa depan ke dalam virtual pada hari ini. Rasanya ini adalah inisiatif yang pertama di dunia,” kata Wisnutama.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut mengatakan, Jagat merupakan platform media sosial di masa depan. Platform e-commerce masa depan dan platform olahraga hingga hiburan di masa depan.

Jagat Nusantara menjadi platform baru yang menjadi jembatan antara ekonomi digital dan ekonomi riil.

“Kami juga sedang mempersiapkan platform ini untuk menjadi the next real estate platform untuk IKN melalui tokonisasi lahan. Bayangkan jika kita dapat memiliki lahan virtual yang juga mewakili kepemilikan lahan yang sesungguhnya nanti di IKN,” ucap Wishnutama.

Ajak Generasi Muda Bersatu

Sementara itu, Presiden Jokowi juga mengajak para generasi muda untuk bersatu, bertepatan dengan momen hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 ini.

“Para generasi muda harus bersatu untuk membangun masa depan bangsa, baik secara ekonomi riil maupun ekonomi digital. Nah, ini salah satunya. Ayo ikut saya. Masa depan kita mulai dari sini. Selamat datang di Ibu Kota Nusantara. Di sini kita akan berkumpul, berkreasi, bersosialisasi dengan saudara-saudara kita,” ucap Presiden dalam video tersebut.

Platform media sosial besutan anak negeri ini, kata Presiden Jokowi, akan menjadi peluang dan kesempatan untuk berbagi ilmu dan bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh penjuru Indonesia bahkan di dunia.

Selain itu, juga memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk-produk kebanggaan Indonesia secara global.