Energi  

Mengenal Kilang Minyak Balongan Milik KPI

Kilang Minyak Balongan

ENERGIA.ID – Kilang Minyak Balongan adalah sebuah pabrik yang digunakan untuk mengolah minyak mentah menjadi produk-produk bahan bakar seperti bensin, solar, dan minyak tanah.

Kilang ini terletak di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Indonesia dan dikelola oleh PT Pertamina (Persero) yang kini berubah nama menjadi Kilang Pertamina Internasional (KPI).

Kapan Kilang Minyak Balongan Dibangun?

Kilang Minyak Balongan dibangun pada tahun 1994 dengan kapasitas produksi sebesar 20.000 barrel per hari (BPH) dan saat ini telah mengalami peningkatan kapasitas hingga sebesar 220.000 BPH.

Kilang ini merupakan salah satu kilang terbesar di Indonesia yang mengolah minyak mentah dari sumber domestik maupun impor.

Apa Saja Hasil Produksi Kilang Minyak Balongan?

Produk-produk yang dihasilkan dari kilang ini digunakan sebagai bahan bakar untuk transportasi dan industri, serta digunakan sebagai bahan baku untuk produk-produk lain seperti aspal dan pelumas.

Selain itu, kilang ini juga memiliki fasilitas untuk mengolah gas alam menjadi LPG (liquified petroleum gas) yang digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga.

Kilang Minyak Balongan juga memiliki program-program lingkungan yang diterapkan untuk menjaga kualitas lingkungan sekitar. Salah satunya adalah program pengolahan limbah cair yang digunakan untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Secara keseluruhan, Kilang Minyak Balongan merupakan salah satu pabrik yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia karena menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh masyarakat dan industri.

Namun, pabrik ini juga harus menjaga kualitas lingkungan agar tidak merugikan masyarakat sekitar. Itulah tadi penjelasan singkat tentang Kilang Minyak Balongan.

Lokasi Kilang Minyak Balongan

Kilang Minyak Balongan adalah sebuah pabrik yang terletak di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Indonesia.

Pabrik ini beroperasi di bawah naungan PT Pertamina, sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi.

Kilang Balongan didirikan pada tahun 1994 dengan kapasitas produksi sebesar 150.000 barel per hari.

Pabrik ini merupakan salah satu kilang minyak terbesar di Indonesia dan merupakan sumber utama bahan bakar untuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Pabrik ini terletak di kawasan industri yang cukup luas dan memiliki fasilitas yang lengkap, seperti fasilitas pengolahan minyak, fasilitas penyimpanan minyak, fasilitas pengangkutan minyak, dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan untuk operasional pabrik.

Kilang Balongan juga memiliki beberapa fasilitas lingkungan, seperti sistem pengelolaan limbah cair, sistem pengelolaan limbah gas, dan sistem pengelolaan limbah padat.

Pabrik ini juga mengikuti standar keselamatan kerja yang ketat dan melakukan regular inspeksi untuk memastikan keamanan dan kesehatan karyawan.

Secara keseluruhan, Kilang Balongan merupakan salah satu pabrik minyak terbesar di Indonesia yang memainkan peran penting dalam menyediakan bahan bakar untuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Pabrik ini juga mengutamakan keselamatan kerja dan pengelolaan lingkungan yang baik.