Energi  

Krisis Energi Global Melanda China dan Inggris

Krisis Energi Global Melanda China dan Inggris

Energia.id – Krisis energi global mulai hantam China dan Inggris. Kedua negara itu mengalami krisis batu bara yang mengakibatkan pasokan listrik menjadi berkurang.

Dengan berkurangnya pasokan listrik di dua negara maju tersebut, menandakan krisis energi blobal dan berujung terganggunya operasional pabrik dan bahkan ada yang berhenti operasi.

Penyebab krisis energi global akibat kampanye pengurangan penggunaan energi fosil terutama batu bara. Tujuannya mengurangi emisi karbon dan mendorong enegeri baru terbarukan.

Kampanye ini berlangsung di beberapa negara di dunia. Inggris dan negara-negara di Eropa selama ini condong ke gas sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik.

Pelonggaran pembatasan aktivitas sosial dan datangnya musim dingin mendorong permintaan energi. Sementara pasokan komoditas energi terbatas karena produksi belum normal.

China juga sudah mulai menghentikan operasional pembangkit listrik berbasis batu bara dan menggantinya dengan energi terbarukan. Namun, permintaan energi dan supplai tak seimbang menyebabkan krisis di berbagai wilayahnya.

Krisis Energi Global Hantam Dua Negara

Badan Perencanaan Ekonomi China tengah berupaya menenangkan warga dan para pelaku usaha di wilayah-wilayah yang paling terpukul. Bahwa penggunaan batu bara dan pasokan energi tengah di awasi dengan ketat.

Seperti di lansir Reuters, The state planner, The National Development and Reform Commission (NDRC) meminta pemerintah daerah memantau penggunaan dan stok batu bara pembangkit listrik.

Pemda juga di minta meningkatkan pemenuhan kontrak jangka menengah dan jangka panjang untuk memasok batu bara termal. Tujuannya mampu mengatasi krisis energi global.

China juyga telah menyerukan peningkatan impor dan meningkatkan produksi batu bara dalam negeri. China Timur Laut adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak krisis energi.

Berbagai laporan media dan dan postingan media sosial yang menandai berbagai masalah kekurangan energi di kota-kota seperti lampu lalu lintas dan jaringan komunikasi 3G yang mati.

Para pejabat telah berusaha untuk meyakinkan warga bahwa pasokan batu bara akan mencukupi menjelang musim dingin datang dan meningkatnya permintaan bahan bakar untuk pemanas.

Operator jaringan utama negara bagian juga telah berusaha menenangkan pelanggan dua kali pekan ini.

Sumber: Kontan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.