Energi  

Pemanfaatan Gas Alam Indonesia

Pemanfaatan Gas Alam Indonesia

Menit.co.id – Indonesia merupakan negara yang memiliki segudang gas alam. Oleh karena itu pemerintah terus melakukan pemanfaatan gas alam tersebut.

Saat ini, ada beberapa wilayah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Di antaranya Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Papua Barat dan Kepulauan Riau.

Gas alam yang sudah di produksi tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri serta di ekspor ke berbagai negara yang membutuhkannya.

Apa Manfaat Gas Alam?

Lantas apa manfaat gas alam itu sendiri? Secara garis besar pemanfaatan gas alam di bagi atas 3 kelompok seperti dilansir situs Kemendikbud:

Sebagai bahan bakar, sebagai bahan baku dan sebagai komoditas energi untuk ekspor, yakni Liquefied Natural Gas (LNG).

Selama ini sebagian besar negara di dunia bertumpu pada gas alam atau gas bumi sebagai sumber energi yang dapat mendukung kehidupan masyarakatnya.

Gas alam adalah sumber energi yang berasal dari fosil tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang tersimpan di bawah tanah selama ribuan bahkan jutaan tahun.

Kegunaan utama gas alam antara lain untuk produksi bahan bakar dan juga amonia atau komponen utama dalam pembuatan pupuk.

Pemanfaatan das alam atau gas bumi juga memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia seperti mendukung perindustrian, pembangkit listrik, komersil, dan untuk kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.