Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20, Ini Syarat dan Cara Mendaftar

Kartu Prakerja gelombang 20

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20

ENERGIA.ID – Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 dalam waktu dekat kembali di buka. Kuota penerimaan di sediakan masih sama yakni untuk 800.000 orang.

Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan kepastian pengumuman pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 pekan depan.

“Kuota gelombang 20 adalah 800.000 (orang). Jadwalnya akan kami umumkan dalam beberapa hari ke depan,” kata Louisa dalam keterangan tertulis di kutip detikcom, Minggu (5/9/2021).

Peserta Kartu Prakerja Gelombang 20 yang lolos akan mendapatkan uang biaya pelatihan senilai Rp 1 juta dan di berikan 1 kali. Lalu dana insentif pascapelatihan sebesar Rp 600 ribu/bulan yang di berikan selama empat bulan.

Kemudian dana insentif survei kebekerjaan Rp 50.000/survei yang di lakukan selama tiga kali atau totalnya Rp 150.000. Bagi yang sudah memiliki akun Kartu Prakerja dan sudah update data diri nanti daftarnya tinggal klik tombol ‘Gabung’ yang ada di dashboard.

Bagi yang belum pernah daftar berikut cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 20 :

1. Login www.prakerja.go.id

2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.

3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.

4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

5. Setelah mengikuti tes secara online, klik ‘Gabung’ pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.

6. Tunggu pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja 2021 Terus Lanjut

Pemerintah sudah mengumumkan program Kartu Prakerja 2021 berlanjut. Bagi kalian yang tertarik bisa segera mendaftar di prakerja.go.id.

Dalam program prakerja yang di selenggarakan semester II-2021, kuota peserta mencapai 2,8 juta peserta dengan anggaran Rp 10 triliun. Angka ini sama dengan pelaksanaan semester I-2021 lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, program Kartu Prakerja menjadi salah satu tindak lanjut penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali yang berlangsung pada 3-20 Juli 2021.

“Semester II dan berkaitan juga dengan PPKM Mikro Darurat kita berharap akan bisa tersalurkan Rp 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta,” jelasnya dalam konferensi pers pekan lalu, dikutip Selasa (8/7/2021).

Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan semi bantuan sosial (bansos) yang mempersiapkan angkatan kerja untuk menghadapi dunia kerja atau berbisnis. Dalam program ini setiap peserta yang lolos akan mendapatkan dana sebesar Rp 3,55 juta.

Dana sebesar Rp 1 juta akan diberikan untuk membeli paket pelatihan online. Paket pelatihan pertama harus di beli paling lambat 30 hari. Setelah SMS atau notifikasi yang menyatakan seseorang lolos sebagai peserta Prakerja atau kepesertaan akan hangus.

Usai melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan mendapatkan dana sebesar Rp 600 ribu per bulan. Dana ini disalurkan selama empat bulan. Selain itu peserta akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

Pendaftaran program hanya melalui situs prakerja.go.id. Tidak ada cara lain. Pendaftaran ini dibuka sepanjang waktu sehingga masyarakat yang tertarik bisa segera mendaftar tak perlu menunggu pendaftaran dibuka.

Mereka yang sudah mendaftar akan di pilih secara acak oleh Manajemen Pelaksana Karu Prakerja.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 20

Bagi yang berminat untuk mendaftar program Kartu Prakerja, terdapat beberapa syarat yang perlu di perhatikan. Di antaranya:

– Warga Negara Indonesia Berusia di atas 18 tahun

– Tidak sedang sekolah atau kuliah

– Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain

– Bukan pejabat negara, PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 20

– Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer.

– Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

– Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang di buka.

– Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

Energia.id merupakan situs berita terkini, berita hari ini, berita terbaru, berita energi, berita bisnis, ekonomi, finansial, investasi di Indonesia dan Internasional terkini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *