Energi  

Piramida Biomassa: Pengertian dan 5 Contohnya

Piramida Biomassa

ENERGIA.ID – Piramida biomassa adalah representasi grafis dari jumlah dan distribusi organisme dalam suatu ekosistem.

Di dalam piramida ini, organisme yang lebih rendah dalam rantai makanan (seperti tumbuhan) berada di dasar piramida, sementara organisme yang lebih tinggi dalam rantai makanan (seperti hewan) berada di bagian atas piramida.

Ukuran piramida menunjukkan jumlah organisme pada setiap tingkat trofik, dengan organisme pada tingkat yang lebih rendah memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan organisme pada tingkat yang lebih tinggi.

Apa Itu Piramida biomassa?

Piramida biomassa adalah sebuah representasi grafis yang menunjukkan jumlah atau massa organisme dalam suatu ekosistem pada setiap tingkatan trofik (tingkatan makanan).

Tingkatan trofik terdiri dari produsen, konsumen primer, konsumen sekunder, dan konsumen tersier. Produsen adalah organisme yang dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis atau chemosintesis, sementara konsumen adalah organisme yang mengonsumsi organisme lain.

Piramida biomassa menunjukkan bahwa jumlah organisme pada setiap tingkatan trofik menurun seiring naiknya tingkatan trofik, karena setiap tingkatan memerlukan jumlah yang lebih sedikit organisme untuk menunjang tingkatan di atasnya.

5 Contoh Piramida Biomassa

Berikut adalah 5 contoh Piramida Biomassa:

1. Piramida biomassa hutan hujan tropis

Pada piramida biomassa ini, organisme dengan biomassa tertinggi adalah pohon-pohon besar yang tumbuh di hutan hujan tropis.

Di bawah pohon-pohon ini, terdapat tumbuhan-tumbuhan yang lebih kecil seperti rumput dan semak-semak, serta berbagai jenis hewan kecil seperti serangga dan kelelawar.

Di level yang paling bawah, terdapat organisme yang memiliki biomassa paling rendah seperti lumut dan bakteri.

2. Piramida biomassa laut

Pada piramida biomassa ini, organisme dengan biomassa tertinggi adalah ikan-ikan besar seperti ikan hiu dan ikan pari.

Di bawah ikan-ikan ini, terdapat tumbuhan-tumbuhan laut seperti rumput laut dan karang, serta berbagai jenis hewan kecil seperti udang dan krustasea.

Di level yang paling bawah, terdapat organisme yang memiliki biomassa paling rendah seperti plankton dan bakteri.

3. Piramida biomassa padang rumput

Pada piramida biomassa ini, organisme dengan biomassa tertinggi adalah hewan-hewan besar seperti kerbau dan rusa.

Di bawah hewan-hewan ini, terdapat tumbuhan-tumbuhan seperti rumput dan pohon-pohon kecil, serta berbagai jenis hewan kecil seperti katak dan kumbang.

Di level yang paling bawah, terdapat organisme yang memiliki biomassa paling rendah seperti lumut dan bakteri.

4. Piramida biomassa taman kota

Pada piramida biomassa ini, organisme dengan biomassa tertinggi adalah pohon-pohon besar yang tumbuh di taman kota.

Di bawah pohon-pohon ini, terdapat tumbuhan-tumbuhan yang lebih kecil seperti bunga dan perdu, serta berbagai jenis hewan kecil seperti kelelawar dan lebah.

Di level yang paling bawah, terdapat organisme yang memiliki biomassa paling rendah seperti lumut dan bakteri.

5. Piramida biomassa padang gurun

Pada piramida biomassa ini, organisme dengan biomassa tertinggi adalah hewan-hewan besar seperti gazelle dan rusa.

Di bawah hewan-hewan ini, terdapat tumbuhan-tumbuhan seperti semak-semak dan cactus, serta berbagai jenis hewan kecil seperti katak dan kumbang.

Itulah tadi pengertian tentang Piramida biomassa lengkap dengan 5 contoh Piramida biomassa. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi semuanya.