Pria Menyukai Wanita Cerdas, Benarkah Itu? Simak Penjalsannya

Pria Menyukai Wanita Cerdas
Selain karena faktor fisik, studi mengungkap kalau pria juga menyukai wanita cerdas.
Pria Menyukai Wanita Cerdas
Selain karena faktor fisik, studi mengungkap kalau pria juga menyukai wanita cerdas.

ENERGI.ID – Pria menyukai wanita cerdas, benarkah itu? Sebagian orang meyakini kalau pria menyukai wanita cerdas dan bukan hanya semata karena fisiknya.

Dari mata jatuh ke hati. Itulah kata pepatah soal cinta. Mungkin itu tumbuh menjadi energi cinta ketika seorang pria melihat wanita.

Akan tetapi, sebagian orang lain meyakini kalau pria menyukai wanita cerdas dan bukan semata karena fisiknya.

Pria di sebut tertarik pada wanita karena faktor non-fisik, seperti kecerdasan. Benarkah pria suka wanita yang cerdas?

Berikut ulasannya.

Pria Lebih Tertarik pada Wanita Cerdas?

Topik ketertarikan pria terhadap wanita cerdas pernah di teliti oleh psikolog Lora E. Park bersama tim.

Menurut studi itu, ketertarikan interpersonal dapat di lihat melalui ukuran jarak psikologis yakni seberapa dekat pria dengan target wanita.

Psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi menjelaskan, ketertarikan interpersonal adalah dorongan dan keinginan seseorang untuk mendekati individu lain.

“Dalam konteks ini (pria mendekati wanita), berarti lawan jenis memiliki daya tarik, dengan tujuan terciptanya pola hubungan menetap atau menjalin suatu hubungan,” kata dia.

Hasilnya, Park menemukan, jika target jauh secara psikologis (baru di kenal), pria cenderung tertarik pada wanita yang lebih pintar.

Jika target dekat secara psikologis (kerabat, teman, atau orang terdekat), pria cenderung kurang tertarik pada wanita yang lebih pintar dari mereka.

Peneliti juga mencatat kalau pria mungkin kurang tertarik pada wanita yang mengungguli mereka jika sudah dekat secara psikologis (teman, kerabat, atau orang terdekat). Hal tersebut bisa jadi karena adanya perasaan kurang maskulin.

Park mencontohkan, seorang pria bersemangat pergi kencan buta dengan wanita yang pandai olahraga dan menyenangkan. Namun, hubungan tersebut belum tentu berjalan lancar.

Alasannya, pria merasa sang wanita bakal mendominasi dalam bidang olahraga. Hal ini membuat pria merasa kurang maskulin dan “kalah” dari mereka.

Psikolog Ikhsan menambahkan, “Bisa jadi penyebab ketidaktertarikan itu adalah maskulinitas atau gender. Tapi kembali lagi, untuk mengukur pengaruhnya tidak hanya dari satu faktor.”

“Ada faktor-faktor lain, seperti latar belakang keluarga, kepribadian, minat masing-masing pasangan, dan nilai yang di anut masing-masing.”

Selain itu, Ikhsan menambahkan, penelitian tersebut belum bisa di jadikan acuan pasti dan samaratakan pada setiap pria.

“Pasalnya, ada penelitian yang mengatakan kalau pria khawatir dan kurang tertarik dengan wanita cerdas. Tapi ada juga penelitian yang bilang pria lebih tertarik dengan wanita pintar,” kata dia.

Alasan Pria Tertarik dengan Wanita Pintar

Pada dasarnya setiap wanita memiliki sesuatu yang membuatnya menarik di mata laki-laki. Dalam hal wanita cerdas, menurut psikolog Ikhsan, ada beberapa faktor yang membuat pria tertarik wanita cerdas.

Berikut beberapa di antaranya:

  • Pria lebih tertarik pada wanita pintar karena akan menjadi teman diskusinya dalam membuat keputusan atau berdiskusi hal lain.
  • Wanita pintar biasanya memiliki sikap kerja yang baik. Hal ini membuat pria tertarik karena wanita akan memiliki time management yang baik antara membagi waktu kerja dan pasangan.
  • Sebagian pasangan juga menyukai pasangan yang kritis sehingga dapat mendukung laki-laki dalam mengambil suatu tindakan.

Jadi, apakah pria lebih suka wanita cantik atau pintar belum sepenuhnya bisa di pastikan. Seperti yang diulas di atas, ada banyak faktor yang memengaruhi.

Sumber: klikdokter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.