Kota Pekanbaru dan Kota Dumai Meraih Penghargaan TPID Award 2021

pekanbaru dan dumai raih tpid award 2021

pekanbaru dan dumai raih tpid award 2021

ENERGIA.ID – Kota Pekanbaru dan Kota Dumai Meraih Penghargaan TPID Award 2021. Ke dua kota ini berhasil menekan laju inflasi pada rentang 3 persen plus minus 1 persen.

Keduanya meraih penghargaan pada TPID Award 2021 yang diserahkan pada kegiatan Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah, Kementerian Koordinator Perekonomian.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau Decymus menjelaskan Kota Pekanbaru mendapatkan penghargaan sebagai TPID berkinerja terbaik di tingkat kabupaten dan kota se Sumatra, sedangkan TPID Dumai menjadi nominator TPID berkinerja terbaik di tingkat kabupaten dan kota se Sumatra.

“Pencapaian TPID Kota Pekanbaru dan TPID Kota Dumai dalam TPID Award 2021 merupakan sejarah baru. Untuk pertama kalinya, Kota Pekanbaru berhasil memperoleh gelar TPID Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota Kawasan Sumatra pada pada ajang bergengsi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Award tahun 2021 atas penilaian kinerja tahun 2020,” ujarnya Kamis (16/9/2021).

Decymus mengatakan selain Kota Pekanbaru, TPID Kota Dumai juga menjadi salah satu dari tiga nominator TPID terbaik bersama Kota Pekanbaru dan Palembang.

Artinya, 2 dari 3 kota yang menjadi kota survei inflasi nasional di Riau menjadi kota dengan pengendalian inflasi terbaik di Kawasan Sumatra.

Kota Pekanbaru dan Dumai Raih TPID Award 2021

Sinergi yang terbangun ini menurutnya memberikan bukti nyata, bahwa langkah pengendalian inflasi terutama bahan kebutuhan pokok yang dilakukan TPID, telah berjalan optimal dalam memitigasi potensi lonjakan harga yang dapat menurunkan daya beli masyarakat, yang sudah terpukul karena pembatasan aktivitas dan mobilitas.

Dia menilai pencapaian prestasi TPID di Riau tidak terlepas dari berbagai aspek yang dilakukan mulai dari Proses, Output, hingga Outcome, yang menjadi komponen penilaian dalam TPID Award 2021.

Seluruh langkah perbaikan dari ketiga aspek tersebut bermuara pada terkendalinya inflasi serta volatilitas harga di Pekanbaru dan Dumai.

Dari sisi realisasi inflasi, kedua Kota berhasil menjaga inflasi pada rentang target 3 persen plus minus 1 persen, dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pencapaian tersebut bersumber dari terjaganya inflasi Kelompok Bahan Makanan yang selalu menjadi penyumbang utama inflasi di Riau. Sementara itu, dari sisi volatillitas atau gejolak harga, pergerakan inflasi dari bulan ke bulan juga lebih stabil dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pihaknya berharap langkah-langkah strategis tetap dilanjutkan dalam forum TPID untuk memperkuat pengendalian inflasi dan sekaligus mempertahankan dan mendorong TPID se-Riau untuk juga meraih penghargaan pada penyelenggaraan TPID Award pada tahun berikutnya.

Langkah dimaksud yakni pertama, tetap menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga, utamanya barang kebutuhan pokok, dengan mengatasi kendala produksi dan gangguan distribusi.

Kedua, pengendalian inflasi diperluas tidak hanya pada stabilisasi harga saja tapi juga pengembangan sektor-sektor ekonomi produktif.

Dalam hal ini, meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan UMKM dengan mengenalkan teknologi dan mendorong peningkatan nilai tambah produk pertanian menjadi barang jadi.

Ketiga, mendorong petani dan UMKM naik kelas dengan mengenalkan pada platform digital untuk memperluas pemasaran dan memperpendek rantai distribusi.

Adapun penghargaan TPID Award 2021 tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri dan Bank Indonesia dan dipimpin langsung Presiden RI di Istana Negara pada Rabu, 25 Agustus 2021 lalu.

Energia.id merupakan situs berita terkini, berita hari ini, berita terbaru, berita energi, berita bisnis, ekonomi, finansial, investasi di Indonesia dan Internasional terkini.

Related Posts

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *