Bung Riski Kurniawan Minta Tunda Musda KNPI Kota Dumai

Musda DPD KNPI Dumai

ENERGIA.ID – Musda KNPI Kota Dumai kembali di gelar dan mencari calon ketua yang sudah habis masa jabatannya.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) adalah organisasi kepemudaan atau bisa di sebut laboratorium pengkaderan yang mesti melahirkan pemimpin muda dan bukan organisasi main-main.

Musda DPD KNPI Dumai

Mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Dumai 2007-2010, Riski Kurniawan Tri Syahputra, mengomentari di gelarnya musyawarah daerah (Musda) KNPI Kota Dumai tanpa adanya sosialisasi ke Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP).

“Musda main tanpa sosialisasi. Apakah sudah mendaftar ulang seluruh 56 OKP yang berhimpun?. Apakah sudah di lakukan penjaringan calon-calon ketua dengan sosialisasi waktu minimal memiliki batas waktu yang wajar, bukan hanya dua hari!,” tanya Riski.

Sebagai mantan Ketua DPD KNPI Kota Dumai dan memiliki OKP di KNPI, lanjut Riski, meminta Musda KNPI Dumai di tunda. Terkesan menurutnya ada putra mahkota dalam musda KNPI Dumai, yang di gelar tanpa sosialisasi.

“Sebagai mantan ketua KNPI dan memiliki OKP, saya minta tunda Musda KNPI. Jangan main melaksanakan seperti ini, seolah-olah sudah ada putra mahkota untuk menjadi ketua,” tambahnya.

Berikan Kesempatan yang Muda Pimpin KNPI Dumai

Riski Kurniawan sarankan memberi ruang atau kesempatan kepada seluruh pemuda berkiprah di KNPI untuk memimpin. “Kita gunakan jalur demokrasi. Penjaringan dan sosialisasi tidak ada, tapi alih-alih musda,” ujar pria yang di sapa Kiki ini.

Seorang panitia penyelenggara, Adel Iskosa, ketika di konfirmasi terkait sosialisasi Musda mengatakan hal tersebut menjadi kewenangan Pengurus DPD KNPI Kota Dumai.

“Itu (sosialisasi, red) gawenya DPD, bukan panitia,” ujarnya melalui sambungan selular, Kamis (26/8), saat di hubungi wartawan. Sekretaris KNPI Kota Dumai, Farid Mufarizal yang akrab di sapa Farid belum berhasil di konfirmasi.

Sejarah KNPI

Komite Nasional Pemuda Indonesia, atau lebih populer dengan singkatan KNPI, adalah organisasi kepemudaan yang awalanya merupakan gabungan dari kelompok Cipayung, binaan kader Golkar dan tentara melalui deklarasi yang dipimpin oleh David Napitulu pada tanggal 23 Juli 1973.

Organisasi ini lahir melalui Deklarasi Pemuda Indonesia pada hari yang sama dengan maksud menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Organisasi ini langsung mendapat restu dari pemerintahan orde baru dan pada tahun itu pula, mereka mengikuti unjuk rasa mahasiswa dalam penentangan masuknya modal asing. Tahun berikutnya, mereka juga turut serta dalam demonstrasi Malari. Anggota KNPI banyak yang akhirnya bergabung dengan Golkar.

Meskipun dianggap sebagai bagian dari Orde Baru dan sempat diusulkan untuk dibubarkan, namun KNPI tetap bertahan hingga setelah jatuhnya Suharto pada tahun 1998. Setelahnya, Idrus Marham terpilih sebagai Ketua Umum. Ia mewacanakan rejuvenasi KNPI atau penyegaran kembali peran KNPI di tengah realitas politik nasional. Rejuvenasi ini akhirnya memaksa KNPI untuk independen dan kembali memposisikan pemuda sebagai mitra kritis pemerintah.

 

[rilis]